Artikel 6 Animasi Komputer
Animasi Komputer
Animasi komputer adalah seni menghasilkan
gambar bergerak dengan sendiri melalui penggunaan komputer dan
merupakan sebahagian bidang komputer grafik dan animasi. Animasi semakin
banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D, walaupun grafik komputer
2D masih banyak ada. Kadangkala sasaran animasi adalah komputer itu
sendiri, kadangkala sasaran adalah perantaraan lain, seperti filem.
Animasi komputer diciptakan dengan menggunakan komputer sebagai alat
bantu utamanya, animasi komputer mulai ada setelah teknologi komputer
berkembang di era 80-an Animasi komputer mulai terkenal semenjak
munculnya film Pixar yaitu Toy Story (1995).
Cara Kerja Animasi Komputer- 2D
Untuk menciptakan ilusi
gerakan, gambar ditampilkan pada layar komputer dan berulang kali
diganti dengan gambar baru yang mirip dengan itu, tapi maju sedikit
dalam waktu (biasanya pada tingkat 24 atau 30 frame / detik). Teknik ini
identik dengan bagaimana ilusi gerakan dicapai
dengan televisi dan film.
Proses pembuatan animasi 2Dimensi digital terdiri dari:- Pra-produksi:
- Konsep,
- Skenario,
- Pembentukan karakter,
- Storyboard,
- Dubbing awal,
- Musik dan sound FX
- Produksi:
- Lay out,
- Key motion,
- In Between,
- Background,
- Scanning
- Coloring.
- Post-produksi:
- Composite,
- Editing,
- Rendering,
- Pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya.
- 3D
Untuk animasi 3D, objek
(model) yang dibangun di atas monitor komputer (dimodelkan) dan tokoh
3D yang dicurangi dengan kerangka virtual. Untuk animasi 2D angka,
benda-benda yang terpisah (ilustrasi) dan lapisan transparan yang
terpisah digunakan, dengan atau tanpa kerangka virtual. Kemudian anggota
badan, mata, mulut, pakaian, dll gambar digerakkan oleh animator
pada frame kunci .Perbedaan penampilan antara frame kunci secara
otomatis dihitung oleh komputer dalam proses yang dikenal
sebagai tweening ataumorphing . Akhirnya, animasi diberikan .
Tipe Animasi Komputera. Animasi 2D (2 Dimensi)
Animasi 2D biasa juga disebut dengan film
kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar
yang lucu. Dan film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Kartun zaman
sekarang menggunakan teknologi animasi komputer.
b. Animasi 3D (3 Dimensi)
Perkembangan teknologi dan komputer
membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat.
Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D,
karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud
manusia aslinya. Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka
berlomba¬lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis.
Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ, Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2,
Monster Inc., hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars,
Valian. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI
(Computer Generated Imagery).
Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
a. Computer Assisted Animation,
animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system animasi 2
dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang
menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan,
penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah
animasi.
b. Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dll.
Penggunaan Animasi Komputer
Animasi komputer mengacu pada penggunaan
grafis dalam berbagai bidang. Digunakan diberbagai sektor yaitu
teknologi informasi, penerbangan, medis, dan lain – lain. Ada banyak
yang menggunakan animasi komputer di dunia modern saat ini. Hal ini
digunakan untuk e-commerce dalam iklan produk dan jasa organisasi. Untuk
memikat pelanggan dalam sektor penerbangan dapat menggunakan animasi
untuk mengintegrasikan halaman web. Grafis yang digunakan untuk produksi
jurnalisme atau audio film sambil mempersiapkan klip video atau film.
Iklan atau hubungan masyarakat lembaga sering membutuhkan gambar animasi
yang bertujuan untuk menghias, presentasi proyek atau artikel.
Seseorang dalam public relation memerlukan gambar – gambar aniamasi
untuk menyajikan grafik, diagram atau kolom laporan. Hal ini juga banyak
digunakan dalam film dan industri hiburan. Dalam industri film, film
animasi dibuat dari karakter animasi yang diciptakan bukan dari aktor
film. Animasi telah memasuki berbagai jenis bidang profesional.
Contoh film yang menggunakan animasi komputer.
Perkembangan animasi seiring dengan
perkembangan dunia pertelevisian. Pada awalnya diciptakanlah animasi
berbasis dua dimensi (2D Animation). Yakni objek yang dianimasi
mempunyai ukuran panjang (x-axis) dan lebar (y-axis) saja. Realisasi
nyata dari perkembangan animasi dua dimensi yang cukup revolusioner
berupa dibuatnya film-film kartun. Seven Dwarfs (1937) dan Fantasia
(1940) dari Walt Disney adalah karya-karya film kartun yang melegenda
sampai sekarang. Bahkan beberapa tokoh-tokoh kartun buatan Walt Disney
yang lain masih dapat bertahan dan populer sampai saat ini mekipun
pembuatan film-film tersebut dikerjakan hampir 500 tahun yang lalu.
Kalau dibandingkan, sedikit sekali
tokoh-tokoh film layar lebar yang mampu bertahan sekian lamanya.
Pembuatan animasi film kartun itu sendiri pada awalnya dikerjakan dengan
membuat sketsa gambar yang digerakkan satu demi satu. Untuk membuat
satu durasi animasi membutuhkan jumlah gambar yang cukup banyak. Sejak
ditemukannya teknik animasi sel, maka pembuatannya menjadi lebih mudah.
Kertas gambar yang biasa dipergunakan diganti dengan kertas transparan
yang terbuat dari bahan celluloid sheet. Teknik animasi sel inilah yang
kemudian diadopsi dalam animasi komputer.
Kertas gambar dalam pembuatan animasi
sebelumnya kemudian diprogram menjadi frame di komputer. Sehingga yang
semula berupa kumpulan gambar-gambar maka di komputer hal tersebut sudah
merupakan kumpulan dari frame-frame yang tersusun dalam sebuah alur
waktu. Adanya perubahan pergerakan suatu objek yang dianimasi oleh
komputer dapat dibuat menjadi sebuah keyframe. Sehingga menjadi jauh
lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan animasi yang dilakukan
manual.
Di tahun-tahun mendatang, dunia animasi
diprediksikan akan lebih gemerlap lagi. Sebagai contoh dengan dirilisnya
software eye matic face station. Dengan dukungan software animasi
berbasis 3D ini maka sutradara tidak perlu lagi mendatangkan seorang
aktris atau aktor yang bayarannya mahal dalam pembuatan film. Cukup
dengan mempunyai foto tampak samping dan tampak depan maka wajah artis
tadi dapat dimodel mirip dengan aslinya, dalam bentuk tiga dimensi
tentunya.
Dengan program combustion yang merupakan
plug in software 3D Studio Max maka pembuatan efek transisi yang
dipergunakan dalam pergantian antarsekuel film di satu sisi menjadi
lebih mudah dan lebih menarik. Sehingga makin luas pula lahan pekerjaan
yang ditawarkan dan menjadi tantangan bagi komunitas animator Indonesia.
donlod kie lah hahhahahahah
BalasHapusdu download,,,
BalasHapustapi COPAS